[VIDEO] Robot ini Dikendalikan Lewat Gerakan Tangan

Melihat robot yang dikendalikan dengan remote kontrol atau smartphone itu sudah biasa. Tetapi, kini mengendalikan robot dapat dengan gerakan tangan saja.

Dilansir DamnGeeky, Minggu (19/5/2013), belum lama ini Jet Propulsion Laboratory (JPL) milik badan antariksa NASA mengembangkan beberapa robot percobaan yang berbasis gerakan tangan manusia. Adalah BioSleeve menggunakan sensor seperti electromyogram (EMG), IMUs dan magnetometer sebagai pengendali robot dari gerakan tangan saja.

BioSleeve terbuat dari perban elastis yang dapat dimasukkan ke dalam sehelai kain atau ditempelkan pada permukaan lengan. Selanjutnya, sensor BioSleeve akan mencakup sebagian besar gerakan yang dilakukan oleh lengan bagian bawah.

Menariknya, BioSleeve tidak perlu diinstal atau disinkronisasikan dengan piranti apapun. Karena perangkat ini bisa secara otomatis mendeteksi gerakan otot-otot di lengan bawah melalui jari, serta tangan melalui gerakan pergelangan tangan.

Dengan BioSleeve, robot akan terhubung untuk merespon setiap gerakan yang diperintahkan kepadanya. Seperti yang Anda bisa lihat dalam link video berikut ini, di mana ketika seseorang menggerakkan tangannya maka robot akan mengikuti gerakan yang diperintahkan melalui sinyal yang diterimanya. (amr)
Simak videonya di bawah ini...!!!

sumber | wowunic.blogspot.com | http://techno.okezone.com/read/2013/05/19/56/809222/kendalikan-robot-melalui-gerakan-tangan-biosleeve

noreply@blogger.com (kabar silla) 19 May, 2013


-
Source: http://wowunic.blogspot.com/2013/05/video-robot-ini-dikendalikan-lewat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Post a Comment